Tuesday, July 9, 2013

Studi: Bermain Game Online Bisa Bantu Kurangi Berat Badan

Selasa, 09/07/2013 14:00 WIB Sumber: Detik.com



Jakarta, Keinginan untuk menurunkan berat badan seringkali naik turun jika memikirkan sulitnya cara yang harus ditempuh. Kini menurunkan berat badan bisa dilakukan dengan cara yang menyenangkan, cobalah bermain game favorit Anda.

Menurut hasil penelitian terbaru, bermain game online membantu Anda melawan keinginan untuk makan makanan cepat saji atau junk food, seperti dilansir Men's Health, Selasa (9/7/2013). Hasil penelitian yang dilakukan oleh Leiden University, Belanda, ini tentu merupakan berita baik untuk Anda yang ingin menurunkan berat badan dengan cara yang mudah. Apalagi jika pada dasarnya Anda memiliki hobi bermain game.

Dalam penelitian ini, para peserta diberi kesempatan untuk bermain game berbasis komputer. Game yang memiliki berbagai level tingkat kesulitan dan tantangan tersendiri ini nyatanya memberi pengaruh yang cukup signifikan terhadap peserta.

Setelah bermain game, keinginan para peserta yang bermain game level 'sulit' untuk makan junk food menurun jika dibandingkan dengan peserta yang bermain game level 'mudah'. Mereka juga cenderung lebih memilih camilan rendah kalori, meskipun peneliti menyajikan juga camilan tinggi kalori.

"Sebuah 'gangguan' intelektual yang menantang dapat mengurangi keinginan seseorang untuk mengonsumsi junk food. Selain itu, aktivitas bermain game ini juga berhasil mengendalikan perilaku seseorang saat rasa lapar muncul," ungkap Lotte van Dillen, Ph.D, penulis studi dan peneliti dari Leiden University.

Contoh game yang tingkatannya cukup menantang misalnya seperti Tetris atau Minecraft. Jika Anda tak menyukai keduanya, Anda bisa memilih game lain yang Anda sukai.

No comments:

Post a Comment